Rabu, 24 September 2014

Keunggulan dan Perkembangan Ilmu Komunikasi

sosiologi komunikasi
Komunikasi merupakan ilmu, karena struktur sebuah ilmu meliputi aspek aksiologi, epitomologi dan ontologi. Aksiologi mempertanyakan deminsi utilitas (faedah, peranan dan kegunaan). Komunikasi memenuhi semua aspek dari sebuah ilmu, oleh karena itu komunikasi bisa berdiri sendiri sebagai sebuah ilmu. Sehingga dapat disimpulkan bahwa komunikasi memiliki arti penting dalam kehidupan.
Periode ilmu komukasi dibagi menjadi empat bagian, yaitu:
  1. Periode Tradisi Retorika
  2. Pertumbuhan
  3. Konsolidasi
  4. Teknologi Komunikasi (1960-an sekarang)
Dalam berbicara manfaat belajar ilmu komunikasi tidak dapat dilepaskan dari filsafat ilmu komunikasi itu sendiri. Dalam secara umum kajian filsafat ilmu mencakup :
  1. Aspek Ontologis
  2. Aspek Epistomologi
  3. Aspek Aksiologi
Prodi Ilmu Komunikasi adalah ilmu yang mempelajari tentang komunikasi antar inndividu dan grup Sarjana Ilmu Komunikas (S.I.Kom.). Jurusan Ilmu Komunikasi mempunyai 3 permintaan namun yang sering dan ada di seluruh PT yaitu bidang jurnalistik, Public Relation, dan Audio Visual. Karena jurusan ini paling netral dibanding jurusan ini secara umum lulusan secara umum. Lulusan jurusan ini bisa bekerja sebagai penulis, reporter, pembawa acara tv, fotografer, desain komunikasi visual, editor gambar dan video, produser, sutradara, penyiar radio, public relation perusahaan bahkan kita dapat bekerja di bank juga.
Menurut Laswell komponen-komponen komunikasi adalah komunikator (pengirim), komunikate (penerima), pesan, saluran, feedback, dan protocol.
Model-model komunikasi:
  1. Model komunikasi linear
  2. Model interaksional
  3. Model transaksional
Adapun faktor yang mempengaruhi komunikasi diantaranya yaitu:
  1. Latar belakang budaya
  2. Ikatan kelompok atau group
  3. Harapan
  4. Pendidikan
  5. Situasi
Ragam tingkatan komunikasi secara umum, yaitu:
  1. Komunikasi intrapribadi (intrapersonal communication)
  2. Komunikasi antarpribadi (interpersonal communication)
  3. Komunikasi kelompok (group communication)
  4. Komunikasi organisasi (organization communication)
  5. Komunikasi massa (mass communication)
Kegunaan belajar Ilmu Komunikasi, Ruben & Steward (2005:1-8), menyatakan bahwa:
  1. Komunikasi adalah fundamental dalam kehidupan kita
  2. Komunikasi adalah merupakan suatu aktifitas komplek
  3. Komunikasi adalah vital untuk suatu kedudukan/posisi yang efektif
  4. Suatu pendidikan yang tinggi tidak menjamin kompetensi komunikasi yang baik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar